Kenali 7 Strategi Membangun Customer Engagement yang Tepat dalam Bisnis


Sebagai salah satu kunci keberhasilan dalam suatu bisnis yang dijalankan, tidak mengherankan jika perusahaan sangat penting untuk menyiapkan yang namanya strategi membangun customer engagement yang tepat.

Lantas apa saja kira-kira strategi yang tepat dalam membangun customer engagement dalam bisnis perusahaan, yuk simak detail informasi lengkapnya di artikel berikut ini.

Bagaimana Strategi Membangun Customer Engagement dalam Bisnis?


Tahukah Anda, bahwa istilah customer engagement umumnya menjadi hal menarik untuk dibahas lantaran menjadi salah satu komponen paling penting dalam menunjang kelangsungan perusahaan.

Terlebih lagi, customer engagement sendiri dikatakan sebagai suatu hubungan komunikasi maupun interaksi yang terjalin antara perusahaan dengan customer lewat berbagai macam saluran.

Tak mengherankan, jika saat ini banyak perusahaan yang terus bersaing menyusun strategi customer engagement untuk dapat menjaga hubungan dengan pelanggan lama maupun menjalin hubungan dengan pelanggan baru.

Lewat customer engagement satu ini, maka perusahaan akan lebih mudah untuk menjalin hubungan baik dengan para pelanggan dan dapat memanfaatkannya sebagai salah satu bagian dari kegiatan pemasaran bisnis.

Selain itu, adanya customer engagement ini juga berguna untuk menjadikan pelanggan atau konsumen setia dalam membeli produk atau jasa layanan yang ditawarkan perusahaan.

Baca Juga : 11 Tips Untuk Menjadi Blogger Sukses, Hasilkan Cuan Tambahan!

Adapun untuk membangun pelanggan yang setia seperti ini, dibutuhkan yang namanya strategi membangun customer engagement yang tepat di antaranya yakni sebagai berikut.

1. Pastikan Aktif Berkomunikasi dengan Para Pelanggan

Strategi membangun customer engagement pertama yang dapat Anda lakukan, yakni dengan memastikan untuk selalu aktif berkomunikasi dengan para pelanggan bisnis Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa berkomunikasi dengan membagikan berita ataupun pemberitahuan terbaru mengenai berbagai topik tertentu. Baik itu seputar produk, brand ataupun layanan yang Anda tawarkan kepada para pelanggan.

Dengan menjalin komunikasi secara aktif, maka akan memberikan kemudahan bagi para pelanggan. Dimana, para pelanggan Anda nantinya akan lebih mudah untuk mengetahui cara menghubungi brand apabila mereka ingin menanyakan sesuatu ataupun memerlukan bantuan lainnya sebelum melakukan pembelian produk / layanan.

2. Sajikan Konten-konten Bermanfaat Bagi Pelanggan

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwasanya di zaman teknologi serba canggih seperti sekarang ini media sosial memiliki peranan besar bagi perkembangan bisnis di pasaran.

Maka dari itulah, pastikan Anda untuk tidak menyia-nyiakan penggunaan media sosial dalam menunjang keberlangsungan bisnis di pasaran.

Dalam hal ini, Anda bisa menerapkan strategi membangun customer engagement dengan cara menyajikan konten-konten bermanfaat bagi pelanggan agar mereka tertarik untuk melakukan interaksi.

Sebagai contoh dalam hal ini, Anda bisa mengunggah konten-konten yang di dalamnya berisikan seputar tips penggunaan produk, tips perawatan dan berbagai konten lain yang relevan dengan bisnis yang Anda jalankan.

Apabila bisnis yang Anda jalankan bergerak di bidang produk skincare & makeup, maka disarankan untuk membuat konten yang bertemakan seputar kecantikan. Dengan demikian, maka dipastikan konten Anda akan diterima dengan baik oleh para pelanggan.

3.  Lakukan Interaksi Lewat Berbagai Acara Tertentu

Tips membangun customer engagement selanjutnya, Anda juga bisa melakukan interaksi lewat berbagai acara tertentu yang diadakan oleh brand bisnis.

Yang mana, acara yang diadakan ini bisa dilakukan secara langsung maupun virtual sehingga menjadikan brand memiliki peluang besar untuk menjalin komunikasi dengan para pelanggan.

Disini, Anda bisa memulainya dengan memberikan detail informasi seputar produk atau jasa layanan yang ditawarkan kepada para pelanggan.

Setelah itu, Anda nantinya bisa memberikan kesempatan kepada pelanggan seputar produk atau jasa layanan yang ditawarkan. Melalui cara ini, Anda bisa membangun adanya interaksi dengan para pelanggan dan bahkan bisa berpeluang untuk meningkatkan hubungan yang baik dengan mereka.

4. Menghargai Loyalitas Para Pelanggan

Anda perlu tahu, bahwa menghargai loyalitas para pelanggan juga menjadi salah satu strategi membangun customer engagement yang perlu diperhatikan baik-baik.

Sebab ketika brand bisnis dikatakan semakin terlibat dengan pelanggan, maka dipastikan hal ini akan menjadikan pelanggan tersebut setia dengan brand bisnis tersebut. Maka dari itulah, pastikan dalam hal ini Anda wajib untuk mencari strategi yang tepat dalam mempertahankan loyalitas / kesetiaan para pelanggan.

Dalam mempertahankan loyalitas para pelanggan, disini Anda bisa memberikan suatu penghargaan dengan memberikan diskon / potongan harga khusus bagi para pelanggan setia.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memberikan pelayanan yang baik dengan menawarkan pengalaman belanja yang mudah dan nyaman bagi para pelanggan. Jika Anda bisa mempertahankan loyalitas pelanggan, maka dipastikan pelanggan akan selalu menggunakan produk ataupun jasa layanan yang Anda tawarkan.

5. Jangan Lupa Minta Feedback dari Pelanggan

Meminta feedback dari pelanggan, juga dikatakan sebagai salah satu bagian dari strategi membangun customer engagement. Terkait hal ini, Anda bisa menanyakan seputar pengalaman para pelanggan dalam menggunakan produk atau jasa layanan yang Anda tawarkan.

Dengan adanya feedback ini, maka Anda akan lebih mudah untuk memahami para pelanggan dan menjadikan mereka merasa lebih dihargai.

Bukan hanya itu saja, adanya feedback dari pelanggan juga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi mengenai produk atau jasa layanan yang Anda tawarkan.

Dimana, Anda nantinya bisa melakukan perbaikan pada produk atau layanan yang ditawarkan agar menjadikan pelanggan merasa puas dan senang berbelanja di tempat Anda.

6. Ingatkan Produk / Layanan yang Ditawarkan dengan Push Notification

Anda dapat membangun customer engagement, dengan cara mengingatkan kembali produk / layanan yang ditawarkan melalui push notification.

Dikatakan disini, bahwa push notification merupakan suatu pesan singkat yang muncul di layar perangkat seluler maupun perangkat desktop pengguna. Melalui push notification ini, maka brand bisnis bisa memberi informasi kepada pelanggan seputar penawaran khusus, acara maupun berita.

Kendati demikian, untuk bisa menerima push notification satu ini pelanggan diharuskan untuk berlangganan terlebih dahulu.

Adapun untuk memaksimalkan penggunaannya, Anda pastikan untuk menyajikan konten-konten push notification yang unik dan menarik serta menayangkannya di waktu yang tepat.

7. Lakukan Campaign di Berbagai Media Sosial    

Adapun mengenai strategi membangun customer engagement terakhir yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan melakukan campaign di berbagai media sosial untuk menunjang kegiatan pemasaran bisnis.

Bisa dibilang, bahwa melakukan campaign di media sosial menjadi strategi pemasaran terarah dan tersusun dengan baik demi memperkuat informasi seputar produk atau jasa layanan yang ditawarkan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Anda diharuskan untuk terlibat aktif dalam merespons berbagai komentar maupun pesan para pelanggan di media sosial. Selain itu, ciptakan engagement positif dengan bersikap yang ramah, sopan dan memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan.

Sehingga, hal inilah yang nantinya dapat membantu Anda dalam menjangkau para pelanggan lebih luas dan dapat berinteraksi dengan baik ke depannya.

Dengan menerapkan beberapa strategi membangun customer engagement yang tepat di atas, maka hal ini akan menjadikan bisnis Anda dapat berjalan dengan baik dan bisa sukses di pasaran.

Baca Juga : Ketahuilah Jenis Transaksi Bisnis yang Sering Dilakukan oleh Perusahaan