11 Tips Untuk Menjadi Blogger Sukses, Hasilkan Cuan Tambahan!


Tips untuk menjadi blogger sukses perlu untuk diketahui dengan baik terutama bagi Anda yang baru saja terjun ke dalam dunia ini. Sebab ternyata untuk menjadi seorang blogger sukses ternyata tidaklah mudah seperti di bayangan.

Tidak sedikit dari para pendahulu yang akhirnya harus berhenti di tengah jalan serta memutuskan tidak melanjutkan tulisannya di dalam blog.

Salah satu alasan kenapa mereka berhenti adalah kehilangan motivasi atau tidak kunjung memperoleh cuan didalamnya. Memang rasa bosan menjadi seorang blogger terkadang akan menghantui setiap saat.

Bahkan apabila seseorang memutuskan untuk memaksakan menulis maka akan membuat hasil tulisan nantinya tidak berkualitas. Bahkan kemungkinan besar jumlah pembaca juga akan terus mengalami penurunan dari waktu ke waktu.

Padahal apabila dunia blogging tersebut ditekuni dengan baik dan telaten, maka bukan tidak mungkin kalau akan memperoleh penghasilan tambahan lho.

Nah apabila Anda tertarik dalam dunia menulis ini, maka silahkan pahami bagaimana tips untuk menjadi blogger sukses tersebut.

Baca Juga : 5 Strategi Mengoptimalkan Time To Market dalam Pengembangan Produk Bisnis

Tips untuk Menjadi Blogger Sukses, Yuk Cek!


Apakah Anda mempunyai kegemaran dalam menulis? Jika demikian maka menjadi seorang blogger dapat menjadi pilihan paling recommended. Keberadaan profesi satu ini mungkin masih asing bagi sebagian besar orang terutama bagi masyarakat awam.

Secara sederhana blogger merupakan seseorang yang menulis di dalam sebuah blog atau website. Tulisan tersebut biasanya mempunyai banyak tema dan konsep, misalnya saja adalah menulis aktivitas keseharian hingga melakukan review berkaitan dengan hobi yang dimiliki.

Agar bisa menjadi seorang blogger sukses, Anda tidak hanya bisa menulis artikel atau tulisan secara rutin untuk di-upload, tetapi terdapat sejumlah tips untuk menjadi blogger sukses dimana perlu diketahui dengan baik. Sebab untuk bisa mencapai kesuksesan itulah dibutuhkan usaha dan tidak mudah menyerah.

Sampai disini, Anda pastinya tertarik untuk terjun ke dalam profesi blogger. Jika demikian, maka sangat perlu untuk mengetahui beberapa tips berikut ini dahulu biar sukses.

1. Tentukan Topik dan Tujuan Terlebih Dahulu

Tips untuk menjadi blogger sukses pertama dan paling krusial adalah menentukan topik dan tujuan dalam menulis blog tersebut. Untuk tujuan tentu harus disesuaikan dengan keinginan masing-masing dari setiap individu.

Misalnya saja terdapat beberapa orang yang hanya ingin mengembangkan tulisan, tetapi ada pula yang ingin mendapatkan penghasilan.

Sesudah menentukan tujuan itulah, maka berikutnya harus menentukan topik seperti apakah yang akan diunggah ke dalam blog.

Misalnya saja apabila Anda tertarik menjadi beauty blogger, maka topik di dalamnya harus didominasi dengan adanya dunia kecantikan.

2. Mulailah Pilih Platform Blog

Setelah tips untuk menjadi blogger sukses diatas telah dilakukan, maka tahap berikutnya adalah mulai memilih platform blog terlebih dahulu.

Perlu diketahui bahwa pemilihan platform sebaiknya harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menyesal di kemudian hari.

Apabila Anda merupakan seorang pemula, maka sebaiknya dapat mempertimbangkan penggunaan CMS alias content management system.

Dengan CMS itulah akan memberikan kemudahan dalam melakukan pengelolaan blog tanpa perlu kemampuan dalam coding.

3. Mulailah Meningkatkan Kemampuan Dalam Menulis

Tips untuk menjadi blogger sukses berikutnya adalah mulailah meningkatkan kemampuan dalam menulis. Sebab kemampuan menulis menjadi syarat paling utama agar bisa menjadi seorang blogger profesional tersebut.

Walaupun sekarang kemampuan dalam menulis belum tergolong bagus, tetapi jangan khawatir! Sebab Anda masih bisa meningkatkan kemampuan dengan rutin berlatih terlebih dahulu.

Jika perlu, cobalah memperbanyak sumber bacaan sehingga mampu menyusun kalimat dengan baik.

4. Baca Ulang Tulisan

Sebelum memutuskan untuk memposting tulisan ke dalam blog, maka akan lebih baik untuk membaca ulang tulisan tersebut.

Dengan membaca ulang itulah dapat membantu mengetahui kesalahan-kesalahan apa sajakah yang terdapat didalamnya. Dengan begitu maka Anda bisa terus mengembangkan sekaligus memperbaharui struktur dari tulisan.

5. Jangan Lupa Pelajari Hal Baru

Tips untuk menjadi blogger sukses selanjutnya adalah jangan lupa mempelajari hal baru juga setiap harinya.

Sebab nantinya akan berpengaruh terhadap kualitas blog yang dimiliki tersebut. Tidak ada salahnya untuk mempelajari mengenai SEO (search engine optimization), mengedit sampul foto hingga belajar mengenai keamanan dari suatu blog.

6. Cobalah Lakukan Komunikasi Dengan Para Audiens

Agar menjadi seorang blogger sukses maka komunikasi dengan para audiens merupakan hal yang sangat penting. Itulah sebabnya, tidak ada salahnya untuk selalu mengaktifkan kolom komentar pada setiap tulisan yang sudah diunggah tersebut.

Secara tidak langsung dengan membuka kolom komentar itulah bisa memberikan kesempatan kepada audiens dalam memberikan komentar dan kritik. Dengan begitu secara tidak langsung juga akan membantu dalam meningkatkan kualitas dari tulisan.

Tetapi apabila Anda hendak membalas komentar dari mereka, cobalah gunakan bahasa yang santun. Walaupun mereka memberikan komentar negatif, tetapi sebisa mungkin jangan lakukan hal sama.

7. Lebih Rutin Dalam Memposting Konten

Rutin dalam memposting konten juga termasuk ke dalam tips untuk menjadi blogger sukses berikutnya. Jika perlu cobalah mengatur jadwal untuk mengunggah postingan tersebut di dalam blog.

Sebenarnya tidak terdapat jadwal mengikat kapan harus membuat postingan baru tersebut, tetapi terdapat sejumlah tips yang harus Anda perhatikan dengan baik.

Misalnya  saja adalah menentukan target konten yang akan diunggah, catat ide kontan untuk kapan saja hingga lakukan beberapa hal sama.

8. Cobalah Membangun Jaringan Pertemanan

Tips berikutnya adalah cobalah membangun jaringan pertemanan lebih luas. Jika perlu juga membangun pertemanan dengan komunitas blogger baik di Indonesia ataupun luar negeri.

Sebab dengan bergabung bersama komunitas itulah, Anda bisa berpeluang besar memperoleh informasi sekaligus kita mendapatkan penghasilan melalui kegiatan blogging tersebut dengan baik. Bahkan juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk mendapatkan solusi.

9. Jangan Lupa Belajar Tentang SEO

Bagi seorang penulis ternyata sangat penting agar belajar mengenai SEO alias search engine optimization tersebut. Dengan memahami konsep teknik inilah akan membantu blog lebih mudah ditemukan didalam mesin pencarian. 

Bahkan penggunaan dari teknik inilah juga akan mendatangkan kunjungan secara gratis. Apabila Anda membutuhkan uang dari kegiatan blogging, maka sangat penting agar belajar SEO tersebut.

Terdapat sejumlah strategi yang biasanya diterapkan dalam SEO seperti penggunaan keyword, tautan internal dan masih banyak lagi.

10. Selalu Kreatif di Setiap Konten

Alasan utama kenapa seseorang datang ke blog Anda adalah informasi konten di dalamnya memberikan manfaat, unik dan tidak ditemukan di tempat lainnya.

Itulah mengapa sebisa mungkin agar menjadi seorang blogger kreatif sehingga bisa lebih mudah dalam mencapai kesuksesan nantinya.

11. Jangan Lupa Untuk Mempromosikan Blog

Tips terakhir, Anda sebaiknya jangan sampai lupa untuk mempromosikan keberadaan blog tersebut kepada orang lain. Cara paling efektif yang bisa digunakan untuk promosi adalah melalui sosial media.

Cobalah bagikan konten di blog tersebut ke sosial media agar dibaca oleh audiens di sosial media lain.

Menjadi seorang penulis blog yang sukses ternyata tidaklah semudah seperti di bayangan. Itulah sebabnya, Anda membutuhkan tips untuk menjadi blogger sukses yang banyak peminat dan berpenghasilan.

Baca Juga : Peluang Bisnis Rempah-Rempah dan Tips untuk Memulainya