8 Strategi Efektif dalam Affiliate Marketing untuk Tingkatkan Penghasilan


Orang-orang yang berkecimpung di dunia bisnis online harus tahu bagaimana strategi efektif dalam affiliate marketing yang menjanjikan. Dengan mengetahui dan menerapkan strategi ini secara tepat, tingkat penghasilan bisnis Anda bisa jauh lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Namun, tidak semua orang tahu bagaimana strategi affiliate marketing yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan penghasilan bisnis ini.

Bahkan, ada juga beberapa orang yang belum terlalu paham mengenai dunia ini. Untuk itu, di sini kami akan menjelaskan secara rinci tentang bagaimana strategi efektif dalam affiliate marketing yang patut dicoba!

Baca Juga : 12 Ide Jualan Takjil Selama Ramadan, Yakin Cuan Banyak

Inilah Strategi Efektif dalam Affiliate Marketing


Istilah affiliate marketing memiliki arti metode pemasaran atau bisnis yang dilakukan oleh suatu pihak yang disebut sebagai afiliator.

Nantinya, setelah transaksi penjualan barang yang dipromosikan oleh pihak afiliator berhasil dilakukan, maka mereka dapat memperoleh komisi yang sesuai dengan perjanjian awal.

Metode pemasaran ini tidak hanya bisa dilakukan secara perorangan, tapi juga bisa dilakukan oleh sekelompok orang yang ingin memperoleh keuntungan dari aktivitas penjualan tersebut.

Umumnya, komisi dalam bisnis ini bisa dihitung dari angka penjualannya, jumlah klik, ataupun jumlah pengguna yang memilih untuk free trial. Lalu, bagaimana dengan strategi affiliate marketing yang layak dicoba?

1. Ciptakan Konten Berkualitas

Strategi efektif dalam affiliate marketing pertama yang patut dicoba adalah menciptakan konten berkualitas untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Ada banyak orang yang percaya bahwa konten berkualitas bisa menjadi kunci keberhasilan dari bisnis affiliate marketing. Sebab, cara ini bisa berguna untuk menaikkan traffic website.

Saat website yang Anda gunakan untuk melakukan bisnis ini memiliki jumlah pengguna dan traffic yang terus meningkat, maka kemungkinan komisi yang akan diperoleh dapat lebih besar.

Selain itu, Anda juga bisa berkolaborasi dengan content creator lainnya untuk menciptakan konten berkualitas tersebut.

Yang terpenting adalah seorang afiliator harus memberi jaminan bahwa konten yang dibuatnya dan media promosinya memiliki kualitas unggulan yang berbeda dengan afiliator lainnya.

Dengan begitu, mereka bisa lebih menarik perhatian banyak orang untuk mencari tahu tentang produk yang sedang dipromosikan tersebut.

2. Lakukan Upselling Produk

Metode upselling produk ini tidak hanya bisa dilakukan oleh para pelaku usaha saja, tapi juga bisa dilakukan oleh para afiliator yang ingin mendapatkan komisi lebih besar.

Maksud dari metode ini adalah Anda menjual produk yang dipromosikan tersebut dengan harga yang lebih tinggi.

Meski strategi efektif dalam affiliate marketing ini sudah sering dilakukan oleh para afiliator, tapi ada juga beberapa di antaranya yang tidak terlalu suka dengan strategi ini.

Mengapa begitu? Karena persaingan akan semakin ketat, sehingga jika harga yang kita tawarkan terlalu mahal, maka ini dapat membuat konsumen berpikir dua kali lagi.

3. Pilihlah Affiliate dengan Cermat

Mulai dari modal yang kecil, mudah dilakukan, praktis, kesempatan untuk mendapatkan penghasilan menjanjikan yang cukup besar, dan hal-hal seperti ini lainnya menjadi alasan mengapa orang-orang semakin tertarik untuk memulai bisnis affiliate marketing. Namun, sebelum memulai bisnis ini, Anda harus memilih affiliate yang tepat.

Pastikan untuk memilih affiliate yang potensinya paling besar dengan melihat ulasan, engagement, dan otoritas dari affiliate tersebut.

Bahkan, sebelum mengambil keputusan mengenai hal ini Anda juga perlu memperhatikan jumlah page affiliate yang akan dipilih. Jangan sampai memilih affiliate yang tidak sesuai dengan target audiens Anda.

4. Diversifikasi Program Afiliasi

Metode yang sering dilakukan oleh investor kepada portofolionya ini juga dapat meningkatkan angka penjualan dalam dunia affiliate marketing.

Pastikan untuk tidak bergantung pada satu atau dua affiliate marketing, karena ini tidak cocok untuk dilakukan secara jangka panjang. Maka dari itu, para afiliator biasanya disarankan untuk mengikuti beberapa program affiliate secara sekaligus.

Tidak hanya bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar, tapi cara ini dipercaya juga dapat menggandeng audiens baru dan menciptakan kesempatan yang lebih besar lagi.

Namun, untuk hasil yang lebih maksimal, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih afiliasi-afiliasi tersebut.

5. Tawarkan Kupon Diskon yang Menarik

Strategi efektif dalam affiliate marketing selanjutnya bisa dilakukan dengan menawarkan kupon diskon yang menarik. Sampai saat ini kupon diskon masih dianggap sebagai strategi yang paling menjanjikan dalam dunia marketing.

Bahkan, saat ini sudah ada banyak toko yang menawarkan kupon menarik ini untuk meningkatkan angka penjualannya.

Nantinya, pihak pelaku usaha akan mengontrol distribusi kupon ini secara keseluruhan dengan melacak tingkat konversi yang ada.

Dengan begitu, mereka bisa lebih mudah untuk mengevaluasi upaya pemasaran yang ada di dalam strategi affiliate marketing ini.

6. Gunakan Perangkat Lunak yang Kredibilitasnya Tinggi

Tidak semua orang memiliki kemampuan yang andal dalam mengelola kampanye affiliate marketing di berbagai platform yang berbeda.

Maka dari itu, keberadaan perangkat lunak affiliate marketing ini sangat membantu banyak pihak. Dengan adanya perangkat lunak ini, proses pelacakan, pemantauan, dan pengembangan bisa dilakukan secara lebih mudah.

Tentu ini dapat menjadi keuntungan bagi pihak pelaku usaha maupun afiliator itu sendiri. Nantinya, keuntungan ini bisa memberikan evaluasi yang lebih tepat untuk meningkatkan penjualan e-commerce dan kerja sama brand.

7. Bangun Program Affiliate Sendiri

Masih belum ada banyak orang yang menerapkan strategi efektif dalam affiliate marketing satu ini. Namun, hal ini bukan berarti program affiliate sendiri tidak bisa mendatangkan keuntungan yang besar.

Justru, program affiliate yang dibuat sendiri ini dapat mendatangkan keuntungan yang lebih besar, karena mereka tidak bergantung pada merchant tertentu.

Metode ini dikatakan dapat meningkatkan traffic ke domain secara sekaligus, sehingga kesempatan untuk mengontrol seluruh transaksi yang telah dilakukan dapat semakin besar.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat program affiliate sendiri, dan salah satunya adalah aturan dan skema pembayarannya.

8. Lakukan Optimasi Platform

Strategi efektif dalam affiliate marketing yang terakhir bisa dilakukan dengan mengoptimalkan kualitas platform tersebut.

Ada banyak orang yang melakukan metode ini untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang membeli produk atau mendaftar ke newsletter. Hal ini terjadi karena optimasi platform dapat menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Jika pengalaman pengguna bisa menjadi lebih baik, maka hal ini juga dapat membuat traffic ke website semakin tinggi.

Sementara untuk beberapa hal yang dapat dicoba dalam mengoptimalkan kualitas platform adalah menciptakan informasi produk berbasis video, menyediakan konten-konten berkualitas, dan lain sebagainya.

Tidak perlu ragu untuk menerapkan strategi efektif dalam affiliate marketing ini, karena beberapa strategi yang telah kami sebutkan di sini terbukti cukup menjanjikan.

Dengan menerapkan strategi ini secara tepat, Anda bisa meningkatkan jumlah penghasilan di setiap bulannya. Tentu ini tidak hanya menguntungkan bagi pihak afiliator, tapi juga pelaku usahanya.

Baca Juga : Kenali 7 Strategi Membangun Customer Engagement yang Tepat dalam Bisnis