10 Ide Usaha Makanan Ringan Untuk Pemula, Layak Dicoba


Jika Anda ingin memulai usaha makanan ringan maka tidak ada salahnya untuk terlebih dahulu mencari informasi mengenai ide usaha makanan ringan. 

Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk memutuskan usaha makanan ringan apa yang hendak dijalankan.

Rekomendasi Ide Usaha Makanan Ringan


Memulai usaha makanan ringan merupakan pilihan yang bagus untuk pemula sebab cukup mudah untuk dijalankan. Anda banyak sekali usaha makanan ringan yang biasa Anda coba jalankan. 

Beberapa ide usaha makanan ringan yang bisa Anda coba jalankan adalah sebagai berikut:

1. Keripik Pisang

Ide usaha makanan ringan pertama yang bisa Anda coba adalah keripik pisang. Hal ini karena kripik pisang memiliki banyak sekali penggemar dari berbagai kalangan usaha. Selain itu, untuk membuat keripik pisang juga terbilang mudah dan modal yang diperlukan juga tidak banyak.

Oleh karena itu, usaha keripik pisang sangat cocok untuk orang yang baru memulai bisnis. Namun, untuk memulai bisnis keripik pisang Anda harus mengetahui jenis pisang yang bisa dibuat keripik. Sebab tidak semua jenis pisang akan cocok untuk dibuat keripik.

Selain itu, Anda harus melakukan inovasi agar keripik Anda bisa menarik perhatian pembeli. Misalnya dengan menambahkan rasa coklat, vanila, dan lain sebagainya. Sebab, jika tidak melakukan inovasi , usaha keripik pisang Anda bisa kesulitan bersaing di pasaran. Ini karena usaha

2. Makaroni

Ide usaha makanan ringan selanjutnya yang tidak kalah menjanjikan adalah usaha makaroni. Sebab, camilan ini sangat cocok di santap saat bersantai ataupun menemani mengerjakan tugas. Karena itulah, banyak orang terutama anak kecil dan remaja yang sangat menyukai makaroni.

Rasanya yang lezat dan sensasi menyenangkan saat mengunyah makaroni menjadi alasan utama mengapa makanan ini banyak digemari. Di samping itu, harga dari makanan ini juga sangat ramah untuk kantong anak-anak.

Biasnya makaroni dibuat dalam dua varian, yaitu gurih dan pedas. Jika Anda tidak ingin membuat makaroni sendiri, Anda bisa membelinya di toko yang menjual jajan kiloan. Setelah itu, Anda hanya perlu mengemas ulang dengan ukuran yang lebih kecil.

3. Pentol Goreng

Pentol goreng juga merupakan ide usaha makanan ringan yang layak Anda coba. Makanan ini sangat disukai oleh anak-anak sekolah karena rasanya yang enak. 

Karena itulah, tidak mengherankan tidak sulit untuk menemukan penjual pentol goreng, terutama di lingkungan sekolah dan taman kota.

Karena itulah, bisa dikatakan usaha ini cukup menjanjikan dan layak untuk dicoba. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha pentol goreng juga tidak terlalu banyak. Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pentol goreng juga cukup mudah untuk di cari.

4. Sosis Bakar

Sosis bakar sekarang ini juga banyak digemari orang dari semua kalangan usia. Karena itulah, Anda bisa mulai mencoba peruntungan dengan memulai usaha sosis bakar.

 Makanan ringan satu ini cukup mudah dibuat karena Anda hanya perlu membakar sosis dan kemudian menambahkan bumbu berupa saus, kecap, dan mayones.

Kelebihan lainnya dari usaha ini adalah Anda tidak harus berkeliling untuk menjualnya. Anda bisa memanfaatkan teras Anda untuk menjualkan sosis bakar buatan Anda. Namun, itu hanya bisa dilakukan jika lokasi rumah Anda strategis.

5. Telur Gulung

Telur gulung merupakan makanan yang sudah populer di kalangan anak-anak sekolah dasar sejak lama. Untuk membuat telur gulung sendiri sebenarnya tidaklah sulit, serta bahan yang dibutuhkan juga tidaklah banyak. 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat telur gulung hanyalah telur, penyedap rasa, saus, dan kecap.

Cara membuatnya adalah Anda harus mencampurkan telur dengan penyedap rasa. Kemudian masukkan adonan tersebut ke minyak panas dan gulung adonan tersebut dengan tusuk yang terbuat dari bambu. Lalu Anda bisa tambahkan saus dan kecap pada telur gulung yang sudah matang tersebut.

6. Basreng

Camilan satu ini terbuat dari bakso yang dipotong-potong kemudian digoreng garing. Karena itulah, basreng memiliki tekstur yang renyah. Rasa dari basreng sendiri umumnya ada yang pedas dan juga gurih, namun yang paling sering dijumpai adalah basreng rasa pedas.

Basreng juga bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin membuka usaha dengan biaya yang rendah. Selain itu, basreng memiliki popularitas yang cukup tinggi, sehingga menjadikannya termasuk usaha yang sangat menguntungkan yang layak untuk dicoba.

7. Keripik Singkong

Bagi Anda yang menanam singkong, tidak ada salahnya untuk memulai usaha keripik singkong. Sebab, makanan ringan satu ini memiliki banyak sekali penggemar karena rasanya yang nikmat. 

Sehingga tidak mengherankan saat memakan keripik singkong orang akan kesulitan untuk berhenti.

Membuat keripik singkong juga tidak sulit untuk dilakukan, karena hanya perlu digoreng dan terkadang ditambahkan gula atau garam. Lalu setelah itu didiamkan sebelum akhirnya dikemas dalam wadah plastik. 

Untuk menjual keripik singkong tersebut Anda dapat menitipkannya di toko atau warung yang berada di sekitar Anda.

8. Rempeyek

Ide usaha makanan ringan selanjutnya adalah rempeyek. Makanan ringan satu ini selain bisa dinikmati sambil menyantap nasi juga bisa dijadikan camilan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat rempeyek juga bisa Anda temukan dengan mudah di pasar.

Untuk peyek sendiri biasanya memiliki campuran yang berbeda seperti kacang, teri, udang dan lain sebagainya. Anda juga bisa berinovasi dengan bahan campuran lainnya yang menurut Anda akan cocok dan bisa menarik perhatian pembeli. 

Namun yang terpenting Anda harus menunjukkan kandungannya kepada pembeli, agar tidak ada orang yang alerginya kambuh saat memakan rempeyek tersebut.

9. Crepes

Makanan ringan ini memiliki rasa manis yang sangat disukai oleh banyak orang terutama anak-anak. Selain itu, makanan ini juga bisa dikreasikan dengan berbagai topping seperti pisang, keju, strawberry, meses, dan lain sebagainya. 

Karena itulah, crepes bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin membuka usaha makanan di rumah.

Namun untuk membuat makanan ini memang gampang-gampang susah, karena itulah Anda harus belajar membuatnya terlebih dahulu. Asalkan berusaha dengan sungguh-sungguh Anda akan bisa membuat crepes yang sempurna dan pastinya lezat.

10. Jamur Crispy

Ide usaha makanan ringan terakhir yang patut Anda coba adalah usaha jamur crispy. Makanan ini banyak digemari orang karena harganya yang terjangkau bagi semua kalangan. Untuk membuat jamur crispy tidaklah sulit dan bahan yang dibutuhkan hampir sama dengan ayam crispy.

Sedangkan jamur yang digunakan biasanya adalah jenis jamur tiram, sebab tekstur dari jamur ini tidak alot. Agar semakin nikmat, jamur crispy biasanya ditambahkan dengan bumbu balado, BBQ, ataupun yang lainnya. 

Tetapi ini hanya bersifat opsional, sebab ada sebagian orang yang lebih menyukai rasa original.

Dari ide usaha makanan ringan yang sudah kami sampaikan di atas, manakah yang menurut Anda paling menarik dan ingin Anda coba? Semoga ide dari usaha makanan ringan yang sudah kami sampaikan di atas bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga : Peluang Bisnis Rempah-Rempah dan Tips untuk Memulainya